Solusi Terapi Kista Herbal Alami Rekomendasi Boyke

Berlangganan

Ini Penjelasan Kista Jinak Bisa Menjadi Ganas (1)

Ini Penjelasan Kista Jinak Bisa Menjadi Ganas. Anda pasti merasa resah saat di fonis menderita kista oleh dokter. Kita simak bersama penjelasannya.


Kebanyakan kista ovarium tidaklah berbahaya. Namun, karena kehadirannya yang sering kali tidak terdeteksi membuat kista ovarium yang tadinya jinak bisa berpotensi menjadi ganas.
Ini Penjelasan Kista Jinak Bisa Menjadi Ganas
Lantas, apa saja ciri-ciri sebuah kista jinak yang berpotensi menjadi ganas?
Dilansir alodokter.com Kista ovarium adalah sebuah kantung berisi cairan yang tumbuh di indung telur (ovarium). Kebanyakan kista ovarium tidaklah berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Kehadirannya pun sering tidak disertai gejala.
Gejala baru dirasakan ketika kista telah membesar, pecah atau menutupi suplai darah ke ovarium. Jika sudah memasuki tahap itu, Anda akan merasakan gejala-gejala seperti: perut kembung, sering buang air kecil, perubahan siklus menstruasi, mual, muntah, atau nyeri payudara seperti saat yang Anda rasakan saat kehamilan, gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit, nyeri sebelum menstruasi tiba atau sebelum menstruasi berakhir, nyeri saat buang air besar, nyeri panggul saat melakukan hubungan seksual,.
Jenis-jenis Kista Ovarium
Pada umumnya, kebanyakan kista ovarium tidaklah bersifat kanker. Kista yang berkaitan dengan menstruasi disebut kista fungsional dan terdapat pada sekitar 24 persen kasus.
Kista fungsional umumnya tidak perlu pengobatan karena akan hilang sendirinya. 70 persen kista ovarium berpotensi menyebabkan penyakit namun jinak.
Terakhir, jenis kista ganas. Sekitar 6 persen kista yang ditemukan pada ovarium adalah ganas dan memiliki sel kanker.
Kista fungsional
Kista jenis ini terbagi dua yaitu kista folikel dan kista korpus luteum. Kehadirannya merupakan bagian dari siklus menstruasi penderitanya.
Pada umumnya, kista jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit dan akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan kemudian tanpa perawatan khusus.
Kista jinak
Berbeda dengan kista fungsional. Kista jenis ini tidak berhubungan dengan siklus menstruasi. Jenis kista jinak ada banyak diantaranya adalah kista dermoid, kista cystadenoma, kista endometrioma, dan lain sebagainya.
Tiap kista jinak berpotensi berkembang menjadi kanker ovarium. Oleh karena itu, umumnya diangkat melalui operasi atau dipantau secara berkala karena ada yang bisa hilang tanpa penanganan medis.